7 Alasan Jogja Istimewa dan Ramai Untuk Tujuan Wisata

By | May 1, 2023
Spread the love

Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke satu kota yang terkenal dengan budaya dan wisata alamnya yang menarik yaitu Jogja. Bukan hanya terkenal karena memiliki Candi Prambanan, namun juga beragam warisan budaya, kuliner dan lainnya juga turut membuat penasaran banyak orang. Kota Jogja hadir dengan keramahan, kesederhanaan, seni dan budaya hingga kuliner khas Jogja pun menjadi alasan mengapa banyak orang yang berkunjung ke kota itu.

7 Alasan Jogja Menjadi Destinasi Wisata Istimewa dan Ramai Dikunjungi Wisatawan

Selain dikenal dengan budaya dan wisatanya, Jogja juga terkenal sebagai kota pelajar yang memiliki perkembangan pesat dalam bidang pendidikan. Namun ternyata ada beberapa hal yang menjadi alasan utama mengapa banyak wisatawan yang datang berkunjung ke kota Jogja. Berikut ulasan lengkapnya kami rangkum untuk Anda.

1. Ikon pariwisata Indonesia

Kota Jogja berstatus Daerah Istimewa yang mempunyai situs bersejarah yaitu Candi Prambanan. Keberadaan Candi peninggalan Hindu tersebut memang sering kali menjadi daya tarik utama banyak wisatawan yang penasaran untuk datang ke kota Jogja. Bahkan kota Jogja menjadi satu pusat kebudayaan popular yang ada di Indonesia serta memiliki sebutan yang trending yaitu Neverending Asia.

2. Jogja dipimpin oleh Sultan dan memiliki Keraton

Alasan berikutnya adalah kota Jogja memiliki Keraton yang ditinggali oleh seorang Sultan dan keluarganya yang memimpin kota Jogja. Keraton tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena sarat dengan kekayaan budaya dan tradisi hingga saat ini. Pertunjukan atau atraksi seni juga masih kerap ditampilkan di Keraton dan sekitarnya untuk menghibur wisatawan dan masyarakat sekitar.

Lihat juga : Rekomendasi 10 Spot Foto Menarik Saat Berwisata

3. Beragam destinasi wisata lengkap

Jika Anda berkunjung ke kota Jogja maka akan menemukan banyak sekali alternatif pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Dari wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, wisata belanja hingga wisata kuliner tersedia lengkap untuk pengunjung Jogja. Pastinya untuk berlibur dan berwisata di kota Jogja bisa lebih seru dan menyenangkan dengan semua fasilitas serta akomodasi yang tersedia di sana.

Ada banyak wisata alam yang unik dan menarik untuk dikunjungi di kota Jogja, bukan hanya menawarkan pemandangan alam yang indah saja namun juga wisata alam yang memiliki konsep kekinian sehingga menjadi favorit anak muda. Selain itu, untuk anak-anak ada banyak destinasi wisata untuk bermain sambil belajar seperti Taman Pintar, Sindu Kusuma Edupark hingga wahana wisata air untuk wisata keluarga.

4. Wisata kuliner khas Jogja

Untuk Anda yang hobi berburu kuliner khas daerah, kota Jogja menyajikan semua jenis kuliner yang diidamkan. Dari mulai sajian kuliner khas daerah Jogja, hingga sajian kuliner kekinian dan modern dari Asia dan Barat pun tersedia. Bahkan Anda bisa menyantap kuliner favorit sembari menyaksikan pertunjukan seni yang diselenggarakan di Jogja atau sambil bersantai menikmati pemandangan kota Jogja di malam hari.

Jenis kuliner seperti gudeg, sego pecel, oseng mercon, sate klatak, sate ratu hingga soto bening menjadi kuliner khas Jogja yang banyak dicari. Selain menyajikan jenis kuliner dan jajanan yang lengkap, kota Jogja juga menawarkan harga kuliner yang sangat terjangkau khususnya yang dijual di angkringan..

5. Penduduk yang ramah dan sederhana

Jogja juga terkenal dengan masyarakatnya yang ramah, sederhana dan memiliki sopan santun kepada semua pengunjung. Banyak wisatawan yang memberikan ulasan positif tentang karakter masyarakat Jogja yang dianggap memberikan rasa nyaman pada wisatawan. Hal tersebut membuat siapa pun yang datang berkunjung ke Jogja akan betah berlama-lama.

6. Setiap sudut Jogja berkesan istimewa

Jika Anda berkunjung ke Jogja mungkin akan menemukan bahwa hampir di setiap sudut kota Jogja memiliki kesan istimewa tersendiri. Dari mulai sarat dengan nilai seni dan budaya, ada juga yang memiliki sisi romantis, memiliki kesan mistis serta ada juga bagian Jogja yang terlihat selalu menarik dan cantik dari berbagai view. Bahkan ada beberapa destinasi wisata Jogja yang dibuat dengan konsep kekinian untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang ingin eksis dengan media sosialnya.

7. Malioboro

Alasan terakhir adalah keberadaan kawasan Malioboro yang menjadi pusat ekonomi lengkap dengan unsur budaya dan seni dari Jogja. Bukan hanya berperan sebagai pusat wisata belanja untuk para wisatawan Jogja, namun berbagai jenis seni dan budaya juga kerap tampil di Malioboro untuk menjadi hiburan tersendiri. Kini Malioboro sudah tertata cantik dan rapi, serta nyaman untuk menjadi destinasi wisata belanja untuk wisatawan.

Bukan hanya dilengkapi dengan jalur khusus pejalan kaki, namun banyak tempat duduk yang tersedia untuk menjadi tempat beristirahat wisatawan yang ingin menikmati suasana Malioboro. Selain itu, semua kendaraan umum juga sudah terkoordinasi dengan baik, kebersihan kawasan Malioboro juga sangat diperhatikan dengan baik untuk kenyamanan pengunjung. Untuk Anda yang ingin mencoba sensasi menggunakan alat transportasi tradisional bisa mencoba naik becak kayuh atau andong.

Beberapa alasan di atas menjadi hal utama yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang berkunjung ke kota Jogja. Pastikan untuk membuat itinerary perjalanan wisata dengan matang sehingga liburan bersama keluarga bisa terasa lebih seru, menyenangkan dan memuaskan.