Kenalkan Budaya Jogja Melalui Perjalanan Wisata yang Menyenangkan

By | June 7, 2023
Spread the love

DI Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang memiliki kekayaan budaya yang terkenal hingga mancanegara. Maka dari itu, sangat disayangkan jika generasi muda Indonesia sendiri justru tak mengenal warisan budaya yang dimiliki daerahnya sendiri. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengenalkan budaya Jogja dengan mudah di antaranya dengan melakukan perjalanan wisata budaya yang menyenangkan.

Wisata Budaya yang Direkomendasikan Untuk Pengenalan Budaya Pada Generasi Muda

Meski upaya pengenalan budaya sudah dilakukan dengan cara memasukkan materinya pada mata pelajaran di sekolah, namun tetap saja hal tersebut masih bersifat hanya teori semata. Kebanyakan generasi muda belum memahami betul apa saja warisan budaya yang dimilikinya dan bagaimana cara melestarikannya dengan benar. Maka dibutuhkan cara pengenalan budaya dengan benar melalui perjalanan wisata yang menyenangkan ke beberapa destinasi wisata budaya berikut ini.

1. Museum Batik

Yogyakarta juga terkenal dengan produk batiknya yang etnik dan khas, untuk mengenalkan tentang dunia perbatikan Anda bisa berkunjung ke museum Batik yang berdiri sejak tahun 1977. Museum ini bukan hanya menyimpan koleksi batik dari Jogja saja namun juga dari berbagai daerah lainnya di Indonesia sejumlah kurang lebih 1.259.000 koleksi batik. Selain bisa melihat koleksi batik terkuno yang dibuat pada tahun 1840, Anda juga bisa mengetahui berbagai perlengkapan membatik tradisional seperti canting cat, canting tulis, bahan pewarna batik tradisional dan malam batik. Menarik bukan?

2. Keraton Yogyakarta

Wisata Keraton Yogyakarta selalu menjadi destinasi favorit khususnya untuk kalangan wisatawan asing karena memiliki daya tarik tersendiri. Pihak Keraton sendiri membuka tur wisata keliling Keraton sehingga bisa menyaksikan keindahan seni bangunan asli Keraton dan berbagai tradisi kesultanan yang masih dipraktikkan hingga sekarang. Bahkan jika beruntung, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan pagelaran seni sehingga bisa belajar budaya Jogja secara langsung.

3. Museum Ullen Sentalu

Wisata budaya Jogja berikutnya adalah Museum Ullen Sentalu yang di dalamnya menceritakan tentang kebudayaan Kerajaan Mataram yang kemudian terbagi menjadi 4 keraton di Solo dan Yogyakarta yaitu Kasultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Kadipaten Pakualaman dan Praja Mangkunegaran. Di dalam museum ini pengunjung bisa mempelajari banyak sekali budaya dari mulai berbagai foto dan lukisan bangsawan pada zaman Kerajaan Mataram, aneka gamelan kuno, patung arca budaya Hindu dan Budha serta beragam koleksi kain batik Solo dan Yogyakarta. Jika Anda berkunjung ke museum ini maka akan diajak berkeliling museum sambil ditemani pemandu tur yang siap menjelaskan semua hal yang ada di dalam museum.

Lihat juga : 7 Alasan Jogja Istimewa dan Ramai Untuk Tujuan Wisata

4. Masjid Gedhe Kauman

Dikenal dengan sebutan Kagungan Dalem Masjid Gedhe Kauman, adalah bangunan yang menjadi bagian dari Kesultanan Yogyakarta yang menjadi penegas Yogyakarta adalah Kerajaan Islam. Jika Anda berkunjung ke wisata budaya dan religi ini maka akan mendapati bahwa masjid ini memiliki bangunan dengan gaya arsitektur yang mewarisi gaya masjid Demak. Di bagian puncak atap masjid terdapat hiasan mahkota dengan bentuk bunga yang menjadi salah satu ciri bahwa masjid Gedhe Kauman ini adalah milik Sultan.

5. Candi Prambanan

Wisata budaya Candi Prambanan adalah sebuah candi peninggalan Hindu yang paling besar di Indonesia yang dibangun pada pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya. Candi Prambanan memiliki ketinggian sekitar 47 meter yang berlokasi sekitar 17 km ke arah timur dari tengah kota Jogja. Di candi ini menurut perkiraan ada sekitar 240 candi besar dan kecil, 3 dari 8 candi utama di dalamnya memiliki sebutan candi Trimurti yang menjadi persembahan pada 3 dewa Hindu tertinggi.

6. Goa Slarong

Kini kita beralih ke destinasi wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi karena terletak di jajaran pegunungan kapur dengan ketinggian sekitar 35 meter lengkap dengan pemandangan pepohonan rindang yang hijau dan segar. Terletak di Dusun Kembang Putihan, Gowasari, Pajangan Bantul Yogyakarta memiliki nilai budaya sekaligus historis karena menjadi bagian dari cerita perjuangan Pangeran Diponegoro pada masa Pemerintahan Belanda di Indonesia.

7. Kotagede

Kemudian perjalanan wisata untuk pengenalan budaya Jogja yang selanjutnya untuk berkunjung ke Kotagede yang memiliki beragam warisan budaya yang penting untuk dikenal. Anda bisa mengenal beragam kuliner khas Jogja, berkunjung ke pasar tradisional Kotagede dengan para pedagang yang sudah puluhan tahun berdagang di sana. Pengunjung Kotagede juga bisa menyaksikan keindahan bangunan rumah yang memiliki ukiran khas Jawa yang sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun.

8. Tamansari

Wisata budaya yang terakhir adalah wisata Tamansari yang pas untuk menjadi tempat wisata pengenalan budaya Jogja sekaligus tempat rekreasi untuk menyegarkan pikiran. Selain memiliki pemandangan yang indah dan menawan, suara gemericik air dan udara yang segar membuat perjalanan wisata budaya lebih seru serta menyenangkan. Apalagi ditambah dengan taman bunga yang memesona di sekeliling danau semakin menambah semarak suasana taman yang memiliki gaya arsitektur kuno sekaligus penuh misteri.

Itulah beberapa destinasi wisata budaya yang bisa Anda masukkan jika melakukan perjalanan wisata ke kota Jogja bersama keluarga tercinta. Pentingnya mengenalkan budaya Jogja sejak dini menjadi satu hal yang harus diperhatikan oleh semua pihak sehingga bersama-sama bisa belajar menjaga dan melestarikan budaya yang dimiliki bersama.