7 Tempat Wisata Jogja yang Jarang Diketahui

By | February 22, 2023
Spread the love

Bagi Anda yang ingin liburan ke Jogja harus menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi dan jangan lupa untuk mencari informasi paket wisata Jogja termurah. Jogja tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya saja, namun juga dengan tempat wisatanya yang indah dan memesona. Tempat wisata di Jogja tidak ada habisnya sehingga banyak wisatawan yang datang ke sana.

Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata populer dan juga bisa mencoba tempat wisata yang jarang diketahui oleh wisatawan. Anda bisa menghabiskan liburan menjelajah Jogja karena menyimpan banyak tempat wisata yang indah dan sangat populer. Di bawah ini adalah sederet tempat wisata Jogja unik yang jarang diketahui oleh wisatawan.

7 Wisata Jogja Unik dan Jarang Diketahui

Rekomendasi 7 wisata Jogja unik dan jarang diketahui wisatawan adalah:

1. Gunung Ireng, Patuk

Bagi Anda yang ingin liburan ke Jogja sambil menikmati keindahan sunrise bisa berkunjung ke Gunung Ireng Patuk. Anda bisa mengabadikan momen saat sunrise yang memesona sambil menikmati udara yang segar. Seperti yang kita ketahui keindahan sunrise dicari banyak wisatawan dan Anda bisa mendapatkannya di Jogja, khususnya di Gunung Ireng.

Gunung Kidul memiliku nuansa alam yang asri dan juga bisa Anda nikmati dengan leluasa di sana. Keunikan lain di sana adalah Anda bisa mendapatkan hawa sejuk sehingga bisa menghilangkan penat dan stres dengan keseharian Anda. Saat di pagi hari Anda bisa menjumpai kabut yang tentunya akan memberikan keindahan tersendiri.

Gunung Ireng berada di Ngrancahan, Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka di tempat wisata ini 24 jam sehingga cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Jogja kapan saja.

Lihat juga : 7 Wisata Jogja, Wajib Kunjungi Saat Jalan-jalan!

2. Goa Jomblang

Tempat wisata unik Jogja lainnya yang jarang diketahui oleh wisatawan kedua adalah Goa Jomblang. Masih berada di Gunung Kidul dan goa yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri sehingga bisa Anda kunjungi saat liburan di Jogja. Keunikan yang dimiliki Goa Jomblang adalah adanya hutan purbaya yang terdapat di dalam goanya.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari Goa Jomblang sehingga Anda wajib mengunjunginya. Anda bisa menikmati keindahan alam di Goa Jomblang dengan berkunjung pada jam 10:00 hingga 12:00. Di waktu itu Anda bisa melihat sinar matahari yang masuk ke dalam goa.

Istilah ini biasanya disebut dengan cahaya surga sehingga Anda bisa mengambil foto di sana. Alamat Goa Jomblang berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Jam bukanya mulai dari 08:00 hingga 14:00.

3. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo juga menjadi salah satu tempat wisata unik Jogja yang masih jarang diketahui oleh wisatawan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata yang masih sepi pengunjung agar lebih nyaman bisa berkunjung ke Air Terjun Sidoharjo. Air terjun ini juga disebut dengan Air Terjun Perawan.

Air terjun yang satu ini mempunyai ketinggian 75 meter dan masih banyak wisatawan yang belum mengetahui jadi masih sepi pengunjungnya. Keunikan dari air terjun ini adalah memiliki pemandangan yang luar biasa dan semuanya akan terbayar dengan medan yang akan Anda lalui. Untuk menuju ke sana Anda harus melalui medan yang cukup menantang.

Namun, rasa lelah yang Anda rasakan akan terbayarkan dengan pemandangan alam air terjun di depan mata. Airnya yang dingin dan udaranya masih segar bisa menghilangkan stres dari hiruk pikuk kehidupan di kota.

Alamat Air Terjun Sidoharjo di Gerbosari, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kab, Kulon Progo, Yogyakarta.

4. Pantai Ngrumput

Bagi Anda yang ingin eksplor Gunung Kidul wajib mengunjungi Pantai Ngrumput. Pantai ini termasuk salah satu rekomendasi tempat wisata Jogja yang unik dan belum banyak yang mengetahuinya. Meskipun namanya Pantai Ngrumput, namun tidak banyak rumput yang ditemukan di lokasinya, melainkan bukit karang bolong.

Keunikan yang dimiliki Pantai Ngrumput adalah Anda bisa melihat ombak yang menerobos batu karang bolong. Di sana juga bisa ngecamp sehingga Anda bisa menikmati keindahan pantainya di pagi hingga malam hari. Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk camping di pinggiran pasir pantai dengan pemandangan pantai yang indah.

Alamat Pantai Ngrumput berada di desa Ngetisrejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk liburan ke Jogja bisa mencari informasi mengenai paket wisata Jogja untuk mengunjungi beberapa tempat wisata unik Jogja yang lainnya.

5. Blue Lagoon

Tempat wisata Jogja yang jarang diketahui wisatawan kelima adalah Blue Lagoon. Tempat ini merupakan pemandian alam untuk berenang dan memiliki air yang bersih dan juga segar. Wisata alam yang satu ini masih jarang diketahui oleh wisatawan sehingga Anda bisa berkunjung ke sana saat liburan di Jogja.

Nama tempat wisata ini sebenarnya adalah pemandian setia budi, namun banyak anak muda yang menyebutnya Blue Lagoon. Hal ini bisa dilihat dari warna airnya biru kehijauan sehingga menambah daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang datang ke sana. Anda juga harus mencoba sensasinya melompat ke dalam tempat pemandian yang segar satu ini.

Airnya yang dingin dan segar bisa membuat tubuh Anda jadi terasa rileks dan bisa menghilangkan stres. Apalagi jika Anda datang ke sana dengan teman-teman yang lain pasti akan lebih seru dan menyenangkan.

Lokasinya berada di desa dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

6. Hutan Wanagama

Bagi Anda yang suka berpetualang di hutan bisa mengunjungi hutan Wanagama. Wisata alam Jogja yang satu ini sangat menarik karena akan mengajak Anda menyusuri hutan yang masih asri. Di sana ada banyak berbagai jenis pepohonan yang akan membuat udaranya sejuk dan bersih.

Anda bisa menyusuri hutan Wanagama sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Pepohonan yang bisa Anda temukan di sana mulai dari pohon minyak kayu putih hingga akasia. Keindahan alam Hutan Wanagama sangat mengesankan sehingga bisa Anda kunjungi untuk menghilangkan penat dari aktivitas keseharian Anda.

Lokasinya berada di Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

7. Puncak Suroloyo

Rekomendasi tempat wisata unik Jogja yang jarang dikunjungi wisatawan terakhir adalah Puncak Suroloyo. Keunikan yang bisa Anda dapatkan di puncak Suroloyo adalah bisa melihat keindahan matahari terbit.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat keindahan 4 gunung dari puncak, seperti Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Merapi dari ketinggian 1,092 mdpl. Perjalanan yang akan Anda tempuh untuk sampai ke puncaknya dengan cara menaiki anak tangga sebanyak 290.

Lokasinya berada di Kulon Progo, Jogja dan wisatawan disuguhkan dengan wisata alam Jogja dengan hamparan awan yang sangat memesona.

Seperti itulah 7 rekomendasi tempat wisata unik Jogja yang jarang diketahui dan bagi Anda yang ingin liburan ke Jogja dengan harga murah bisa mencari paket wisata Jogja termurah.